Cara SIMPLE untuk Memenangkan Lomba Blog

Selama ini saya kira untuk memenangkan lomba blog terpenting adalah membuat karya tulis sesuai dengan tema yang telah ditentukan, dan memenuhi syarat ketentuan dari penyelenggara. Ternyata itu saja tidak cukup, diperlukan suatu strategi cerdas dari seorang blogger agar tulisan menjadi kreatif yang pada akhirnya bisa menarik perhatian juri.

Tentu sudah banyak informasi yang beredar di internet untuk memenangkan lomba blog. Tidak ada salahnya juga untuk mencoba dan mengikuti beragam tips atau cara yang diberikan tersebut. Sehingga banyak bekal yang kita dapat dan peluang untuk menang menjadi lebih besar.

Kali ini saya ingin pula membagikan cara SIMPLE untuk memenangkan lomba blog, metode ini saya dapatkan langsung dari seorang blogger yang memang langganan juara lomba blog, beliau adalah Rudi G. Aswan atau dikenal juga dengan julukan Belalang Cerewet.

Cara SIMPLE untuk Memenangkan Lomba Blog

Untuk memenangkan lomba blog, Rudi G. Aswan menggunakan suatu rumus yang dia sebut sebagai SIMPLE yang merupakan sebuah singkatan dari Systematic, Intact, More, Precies, Lucrative, Edit , berikut caranya.

Systematic

Tulis dengan systematic atau runtut agar bisa dinikmati oleh pembaca terutama juri. Untuk dapat menghasilkan tulisan dengan alur yang sistematis terlebih dahulu kita dapat membuat kerangka karangan dengan memuat poin-poin berdasarkan tema yang diberikan. Tujuan pembuatan outline selain membantu agar runtut juga memudahkan kita agar tulisan yang dibuat tidak melenceng dari tema yang telah ditentukan.

Intact

Tulisan yang dibuat haruslah intact atau komplet, hal yang mendasar dalam memenangkan lomba blog tentunya adalah melengkapi semua syarat dan ketentuan yang ditentukan. Rudi G. Aswan memberi saran, supaya tulisan yang dilombakan lengkap seringkali dia menuangkan gagasan dalam sebuah mind mapping agar semua kelengkapan yang diminta tidak ada yang terlewat.

More

Tips yang menurut saya penting dan menarik adalah more atau memberikan lebih. Sebagai contoh, jika penyelenggara lomba blog mewajibkan menyisipkan foto pendukung, kita menambahkan video atau bahkan membuat infografis tanpa diminta. Atau jika pihak penyelenggara mewajibkan mengikuti satu akun media sosial mereka, kita follow juga semua akun di platform lain.

Bahkan jika memungkinkan tidak ada salahnya mengirimkan lebih dari satu tulisan untuk diperlombakan. Justru akan menambah kemungkinan peluang untuk menang. More juga bisa berarti memberikan lebih pada gaya atau ciri khas kita dari peserta lain, entah itu dari gaya bahasa atau sudut pandang, atau  memberikan informasi spesifik mengenai produk.

Baca juga: Hobi Menulis Blog Terapkan Juga Etikanya

Precise

Precies diartikan sebagai tepat dan akurat sesuai tema dengan angel atau poin of view yang menarik. Kembali lagi Rudi G. Aswan mengingatkan untuk poin ini dapat dibantu dengan membuat kerangka karangan, outline, atau mind mapping terlebih dahulu. Jangan membuat tulisan yang terlalu monoton dan berulang-ulang yang membuat pembaca jadi bosan.

Temukan sudut pandang yang menarik salah satunya dengan membubuhkan cerita pengalaman pribadi atau orang lain yang memang sesuai dengan tema lomba blog dan produk tersebut.

Lucrative

Ada baiknya tulisan dapat memberikan memiliki nilai dan bermanfaat bagi pembacanya. Selain menghadirkan ulasan mengenai produk dari penyelenggara, tulisan yang baik juga bisa dikaitkan dengan pengalaman kemanusiaan yang tentunya bisa diseuaikan dengan tema yang diberikan.

Edit  

Tahap terkahir yang tidak kalah penting, yakni melakukan proses editing. Penyuntingan bukan hanya untuk memeriksa mengenai kesalahan pengetikan atau typo tetapi juga memperhatikan apakah isi tulisan sudah memuat kata kunci atau backlink yang diminta. Selain itu, penting juga melihat kembali mengenai penggunaan ejaan, tata bahasa, dan isi keseluruhan tulisan agar tidak melenceng dari tema.

Baca juga: Tips Memulai Blog untuk Pemula

Sebagai penutup, Rudi G. Aswan mengatakan bahwa menang kalah dalam sebuah kompetisi merupakan hal yang biasa dan wajar. Jika memang tulisan kita belum berhasil memenangkan lomba blog jangan berkecil hati. Setidaknya kita sudah mencoba dan secara tidak langsung meski tidak berhasil membawa pulang hadiah, tulisan kita sudah bisa bermanfaat bagi pembaca.

Tinggalkan komentar