Tips Memulai Blog untuk Pemula

Beberapa waktu lalu saya berkesempatan mengikuti kelas blogging yang diselenggarakan oleh komunitas Indonesian Social Blogpreneur (ISB). Dipertemuan itu saya mendapat informasi dan tips memulai blog untuk pemula yang tentunya akan sangat bermanfaat bagi yang ingin berkarya di internet.

Tentunya sebelum mulai ngeblog, pastikan terlebih dahulu memilih platform sebagai tempat mempublikasikan artikel kita, contoh layanan blog popular yang dapat digunakan adalah blogspot atau wordpress.

Langsung saja, berikut beberapa tips memulai blog untuk pemula yang saya rangkum dari Liswanti Pertiwi, selaku narasumber sekaligus ketua komunitas ISB.

Tentukan Niche atau Tema Blog

Tips pertama sebelum memulai blog untuk pemula adalah menentukan niche atau tema besar dari blog. Tujuannya adalah untuk membantu seorang blogger lebih fokus untuk mengulas bahasan di situs blog sehingga menarik minat pembaca.

Contoh niche atau tema blog, yakni tentang travelling, parenting, lifestyle, kecantikan, olahraga, dan beragam bahasan lain. Pilihlah tema bahasan yang memang dikuasai atau menjadi ketertarikan kita.

Belum punya atau tidak terpikirkan tema untuk blog? Jangan khawatir, Liswanti mengatakan jangan merasa terbatasi, tulislah apapun yang memang kita ingin tulis. Jika rutin menulis dan berlatih dengan sendirinya kita akan menemukan ketertarikan akan suatu topik.  

Perhatikan Teknis Umum Penulisan Blog

Langkah berikutnya adalah teknis umum penulisan blog. Keuntungan memiliki situs pribadi ialah kebebasan dalam menentukan penggunaan bahasa sesuai dengan keinginan dan ciri khas kita, misal menggunakan bahasa daerah atau pergaulan sehari-hari.

Menulis di blog sama juga membagi cerita kepada orang lain, maka penting untuk menulis dengan gaya bercerita dua arah dengan pembaca untuk menghadirkan interaksi. Pastikan selalu mencantumkan sumber informasi di artikel jangan sampai plagiat atau copy paste karya orang lain.

Disarankan dalam satu artikel mengandung 500 – 1200 kata dengan satu paragraf terdiri maksimal empat sampai lima baris. Jangan lupa untuk menggunakan gaya bahasa yang konsisten, misalnya terkait kata ganti orang pertama, kedua, ketiga, resmi, gaul, humoris, atau puitis.

Mulai Menulis  

Selanjutnya adalah mulailah untuk menulis, jangan ragu menuangkan ide dan gagasan yang ada di pikiran kita. Untuk mempermudah dalam menulis terlebih dahulu dapat membuat tema, judul, dan buat kerangka tulisan.

Hindari menyunting dan menilai tulisan sebelum selesai, biarkan pikiran kita mengalir dalam setiap kalimat yang ditulis.

Kalau memang sudah selesai, coba baca kembali apakah ada paragraf yang bisa dikembangkan. Kemudian cek kata per kata sudahkah sesuai dengan KBBI dan periksa tentang indikator plagiat tulisan menggunakan pengukuran website.

Jika dirasa sudah cukup baca sekali lagi untuk memastikan kesesuaian Bahasa dan mengecek bila ada typo, setelah yakin tulisan dapat langsung diterbitkan.

Sisipkan Konten Pendukung  

Untuk mendukung tulisan artikel supaya semakin menarik pembaca perlu ditambahkan beberapa konten pendukung. Kita dapat menambahkan gambar design, foto dokumentasi, video, dan infografis.  

Ketentuan mencantumkan foto minimal tiga buah dan maksimal bisa empat buah, jika memang foto yang ingin dimasukkan banyak dapat dibuat menjadi kolase.  

Promosikan Tulisan Blog 

Setelah diterbitkan lalu apa yang diharapkan? Tentu kita ingin tulisan banyak dilihat dan terjadi interaksi dengan pembaca yang bisa dilakukan adalah memanfaatkan sosial media yang kita punya. Pergunakan itu sebagai media promosi untuk membagikan artikel yang telah dibuat secara gratis.

Dapat pula dengan metode paid ads atau beriklan di facebook maupun Instagram, cara ini memang berbayar tetapi kita dapat lebih efisien menentukan target pembaca sehingga daftar kunjungan blog akan meningkat.

Bangun Relasi

Selain rutin membuat konten tulisan, tidak kalah penting memulai blog untuk pemula adalah membangun networking dengan menjadi anggota di dalam sebuah komunitas blogging, contohnya seperti ISB ini dan masih banyak lainnya.

Komunitas dapat menjadi wadah kita untuk saling bertukar informasi, mengupdate kemampuan menulis dengan mengikuti workshop yang diadakan, bahkan kita pun bisa mendapat pekerjaan di komunitas.  

Baca juga: Hobi Menulis Blog Terapkan Juga Etikanya

Semoga tips memulai blog untuk pemula di atas dapat membantu kalian yang ingin menjadi seorang blogger. Terpenting kita perlu konsisten, rutin, dan selalu berlatih agar terbiasa sehingga kualitas tulisan kita menjadi semakin baik karena content is the key untuk sebuah blog.

Satu pemikiran pada “Tips Memulai Blog untuk Pemula”

Tinggalkan komentar